Membuat Daftar Isi dengan Baik dan Benar (Word 2016)

by - Maret 28, 2019


Biasanya pada saat membuat laporan ataupun makalah, pasti akan ada yang namanya Daftar Isi. Daftar Isi adalah urutan judul pada tiap bab beserta halaman yang terdapat pada sebuah buku atau penulisan. Fungsi daftar isi sendiri yaitu untuk memudahkan kita mencari judul penulisan secara cepat tanpa harus mencari satu persatu.
Tapi bagaimana jika penulisan daftar isi tersebut dibuat secara manual dengan menekan tombol titik? hasilnya akan memakan waktu yang lama dan juga terlihat kurang rapih. Maka dari itu, ada triknya nih untuk membuat daftar isi yang kalian bikin agar terlihat rapih. Langkah-langkahnya :

1. Buat format daftar isi Anda, kemudian blok semua baris yang ingin diberi titik-titik secara otomatis.

  
2. Klik kanan pada bagian yang sudah diblok tadi, lalu pilih Paragraph.

3. Lalu pilih Tabs, pada bagian pojok kiri bawah.

4. Kemudian setting pada menu Tabs. Pada saat mengisi Tab stop position, kira-kirakan Anda akan buat panjang seberapa. Contoh pada lebar 15 cm saya akan buat dari teks hingga titik-titik, dan pada lebar 16 cm saya akan buat jarak kosong dari titik-titik sampai dengan angka.
 5. Karena ukuran 15 cm ini untuk membuat dari teks hingga titik-titik, maka pada Alignment pilih Right. Leader pilih No. 2, kemudian tekan Set, dan OK

6. Pada ukuran 16 cm ini, di menu Alignment pilih Left, Leader pilih No.1/None karena kita akan membuat jarak kosong dari titik-titik hingga angka. Kemudian tekan Set, dan OK.

7. Setelah membuat lebar titik-titiknya, letakkan kursor pada samping teks lalu tekan tab 2x. Tab yang pertama untuk membuat titik-titik, dan tab yang kedua untuk membuat jarak kosong.

Gimana, mudah bukan? ketimbang kita harus menekan tombol titik satu-persatu yang hasilnya pun juga belum tentu rapih? Ok deh, saya sudahi sampai disini ya untuk kali ini, jika ada yang kurang jelas bisa bersuara pada kolom komentar dibawah, sip.



Sumber :
    ⤷ Cara Membuat Titik-titik Daftar Isi Secara Otomatis di Ms. Word

You May Also Like

0 komentar