Pengenalan & Cara Kerja Ms. Excel 2016
Kembali lagi membahas tentang aplikasi di keluarga Microsoft Office. Kali ini saya akan membagikan sedikit penjelasan dasar-dasar dari si hijau pengolah angka yaitu Microsoft Excel. Yuk disimak yuk..
Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja berfungsi untuk mengolah angka menggunakan spreadsheet yang terdiri baris dan kolom untuk mengeksekusi perintah, dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Coorporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows & Mac OS.
- Klik tombol Start yang berada pada sebelah kiri Taskbar
- Pilih All Apps, sehingga tampil menu di atas, cari kategori E dan pilih Excel 2016
Bagian Dasar Microsoft Excel 2016
Ms. Excel 2016 |
Berguna untuk mempercepat access eksekusi perintah yang diinginkan. Secara default Quick Access Toolbar berisi tombol save, undo, dan redo. Tetapi ini bisa dimodifikasi sesuai keinginan.
2. Menu Bar
Berisi perintah-perintah menu yang didalamnya terdiri dari submenu ataupun toolbar. Untuk Ms. Excel 2016, submenu langsung mengarah pada ribbon yang berisi icon-icon Excel.
3. Tell Me
Tell me bekerja seperti bar pencarian untuk mempercepat menemukan icon-icon atau perintah yang ingin digunakan.
4. Size Button
Digunakan untuk mengatur tampilan dari jendela Ms. Excel, yang terdiri dari empat tombol.
- Size Button : Mengatur ukuran jendela Ms. Excel
- Maximazed : Membesarkan atau memaksimalkan ukuran jendela
- Minimazed : Menyembunyikan atau menutup sementara windows
- Restore : Mengembalikan ukuran windows ke ukuran semula
- Close : Menutup windows
Berfungsi untuk menunjukkan nama atau alamat cell yang aktif.
6. Formula Bar
Digunakan untuk menulis formula-formula atau rumus-rumus Excel.
7. Column
Berupa deretan huruf pada Excel yang berjajar secara horizontal yang dimulai dari huruf "A" dan diakhiri pada huruf "XFD".
8. Cell
Merupaka pertemuan antara kolom dan baris. Contohnya : A1 berarti cell yang dipilih berada pada kolom "A" dan baris ke "1".
9. Row
Adalah deretan angka yang tersusun dsecara vertikal dan dimulai dari angka 1 sampai 1048576.
10. Worksheet
Worksheet atau lembar kerja merupakan tempat untuk mengerjakan file yang sedang dibuat. Di dalam bagian ini terdapat kumpulan cell yang digunakan sebagai tempat untuk mengisi data.
11. Worksheet View Options
Untuk memilih tampilan yang diinginkan.
12. Zoom Control
Untuk memperbesar dan memperkecil tampilan worksheet ketika sedang menggunakannya.
13. Vertical and Horizontal Scroll Bars
Berfungsi untuk menggulung lembar kerja Excel. Scroll bar terdiri dari dua bagian yaitu Scroll Bar Vertical (Untuk menggulung secara vertikal arah atas bawah) dan Scroll Bar Horizontal (Untuk menggulung secara horizontal arah kanan dan kiri).
Sumber :
↳ Pengenalan Dasar Microsoft Excel 2016
0 komentar