Sistem Operasi pada Web

by - April 09, 2020

Sistem operasi hanya satu porsi kecil dari seluruh perangkat lunak di suatu sistem. Tetapi karena peran sistem operasi mengendalikan pengaksesan ke sumber daya, dimana perangkat lunak lain meminta pengaksesan maka, sistem operasi menempati posisi yang penting dalam pengamanan sistem.

Sistem operasi berbasis web (web-based operating system) merupakan jenis sistem operasi terkini yang memanfaatkan kemampuan jaringan dan bahasa pemrograman internet dalam me-render sebuah sistem operasi pada website. Istilah WebOS mulai dikenal sejak tahun 1999 dan sejak itu layanan ini mulai diterapkan pada beberapa perusahaan besar. Sistem operasi berbasis web juga diyakini akan mampu menggeser kepopuleran sistem operasi masa kini.

Berikut contoh dari Sistem Operasi berbasis Web:

CymOS (cymos.com)
cymOS menawarkan desktop atau sistem operasi online gratis untuk semua pengguna internet. Berbasiskan komunitas open source, cmyOS bekerja untuk menghasilkan aplikasi unggulan yang akan memberikan pengalaman online baru untuk developer dan browser.

Desktoptwo (desktoptwo.com)
Desktoptwo adalah sebuah desktop online gratis yang dikembangkan oleh Sapotek dimana memiliki tampilan, karakteristik, dan fungsi layaknya desktop biasa dalam suatu sistem operasi.

G.ho.st (www.g.ho.st/home)
G.ho.st dibangun pada tahu 2006 untuk mengembangkan "Global Operating System", sistem operasi berbasis web yang diyakini paling diakui di dunia. G.ho.st mengintergrasikan semua aplikasi software berbasis web ke dalam komputer virtual gratis, dengan mempersembahkan sebuah desktop web, sistem file online tunggal, satu account, berbagi, dan kolaborasi dari semuanya. Untuk setiap orang yang menginginkan aktivitas berkomputer pribadi mereka menjadi mobile, G.ho.st Virtual Computer (VC) mempersembahkan sesuatu alternatif nyata untuk pengguna Windows, sebuah perangkat komputer pribadi lengkap yang disimpan dalam web dan dapat diakses dari banyak web browser.

Jooce (jooce.com)
Joose sangat canggih, desktop online privat dengan kemampuan berbagi file untuk publik. Sangat aman, ruang online untuk menyimpan file, dapat mendengarkan, melihat, dan berbagi dengan teman Anda tentang file-file Anda, foto, musik, dan video-video koleksi Anda.


Jenis Web berdasarkan dari Multimedia

Dari seluruh aspek kehidupan manusia yang terkena dampak kehadiran internet, sektor bisnis merupakan sektor yang paling terkena dampak dari perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi. Mobilitas manusia yang tinggi menuntut dunia perdagangan mampu menyediakan layanan jasa dan barang dengan cepat sesuai permintaan konsumen. Untuk itu, kini muncul transaksi yang menggunakan media internet untuk menghubungkan produsen dan konsumen. Transaksi bisnis melalui internet lebih dikenal dengan nama e-business dan e-commerce. Salah satu e-commerce yang ada yaitu ZALORA.

Dengan menawarkan pakaian wanita, pakaian pria, sepatu, aksesoris, perlengkapan olahraga, busana muslim, dan banyak lagi. Hal inilah yang membuat ZALORA menjadi tujuan utama fashion online di Indonesia atau Instagram untuk informasi terbaru seputar fashion dan tren terkini. Berpusat di Singapura, ZALORA juga terdapat di Hong Kong, Singapura, Indonesia, Filipina, Thailand, Vietnam, Malaysia dan Brunei. ZALORA Indonesia didirikan pada tahun 2012. Saat ini, ZALORA Indonesia merupakan retail online fashion dengan perkembangan paling pesat di Asia.

SOUNDCLOUD (www.soundcloud.com)
SoundCloud merupakan sebuah platform distribusi suara secara online yang memungkinkan kolaborasi, promosi, dan distribusi dari rekaman suara. Fungsinya sebagai sarana mengupload karya musik seniman juga dapat mendengarkan karya musik lewat streaming di SoundCloud, dan juga sebagai media hiburan, media promosi dan kolaborasi.
SoundCloud pada awalnya di Stockholm, Swedia, namun didirikan di Berlin, Jerman pada bulan Agustus 2007 oleh desiner suara Alex Ljung dan musisi Eric Wahlfross. Fitur utama dari SoundCloud adalah memungkinkan seniman mengupload musik mereka dengan URL khusus. SoundCloud dapat dikombinasikan dengan Twitter dan Facebook untuk membiarkan anggotanya menjangkau khalayak yang lebih baik.



Jenis Web berdasarkan dari Server

Microsoft  Internet Information Server (IIS)

Sebuah perusahaan besar microsoft menggunakan web server IIS pada sistem operasinya, yaitu pada Windows 2000 Server, Windows Server 2003 dan Windows NT 4.0 Server. Layanan ini berfungsi sebagai pendukung protokol TCP atau IP yang berjalan dalam lapisan aplikasi (application layer).
IIS juga menjadi pondasi dari platform Internet dan Intranet Microsoft, yang mencakup Microsoft Site Server, Microsoft Commercial Internet System dan produk-produk Microsoft Back Office lainnya.

Apache Tomcat Web Server

Meskipun sama-sama berada dibawah naungan Apache Software Foundation, Apache Tomcat Server sengaja dipisahkan dari Apache Web Server karena adanya perbedaan fungsi diantara keduanya.
Perbedaan apache dan tomcat, apache tomcat adalah web server tomcat. Pada dasarnya, Apache Web Server dibuat untuk melayani aplikasi-aplikasi httpd seperti PHP atau Perl. Sedangkan Apache Tomcat dibuat untuk aplikasi-aplikasi Servlet seperti JSP.
Apache Tomcat merupakan salah satu servlet atau web container yang paling populer di lingkungan pemrograman web java. Apache Tomcat bersifat open source dan menguasi kurang dari 1% dari keseluruhan pangsa pasar web server yang ada saat ini.







Sumber :
    ↳   Pengertian Web Server

You May Also Like

0 komentar